Menuju Ujian Termin, IKAMARU RAM Adakan Ziarah Masyayikh Azhar

 


Alqamaru.org, KairoMenjelang pelaksanaan ujian termin satu Universitas Al-Azhar, IKAMARU Republik Arab Mesir kembali melaksanakan kegiatan rutinan ziarah bersama. Destinasi ziarah kali mengunjungi makam-makam Masyayikh Al-Azhar di Kompleks Pemakaman Mujawirin, yang dilaksanakan pada Jum'at, 1 Desember 2023 lalu dengan dikoordinir oleh DP Sosial dan Olahraga.

Kegiatan ziarah bertujuan untuk menjadi wasilah penyeimbang antara belajar dengan berdo'a bagi Sahabat IKAMARU yang akan melaksanakan ujian. Disamping itu, ziarah kali ini untuk mengenalkan peran dan makam para Masyayikh Al-Azhar, utamanya bagi anak baru. Rangkaian ziarah diawali dengan berkumpulnya Sahabat IKAMARU di depan Mustasyfa Hussein pada pukul 14.00 CLT, kemudian dilanjutkan menuju masjid Imam Syarqawi untuk melaksanakan sholat Ashar sekaligus ziarah yang kebetulan makamnya terletak di dalam masjid tersebut.

Kemudian ziarah dilanjut menuju makam berikutnya yaitu makam Syaikh Ali As-Sho'idi yang merupakan murid Imam Dardir, beliau adalah sosok yang sering bermimpi bertemu dengan Rasulullah SAW. Destinasi selanjutnya menuju tujuh makam masyaikh lain yaitu Syaikh Ibrahim Al-Fayyumi, Syaikh Al-Kharasyi, Syaikh Muhammad Al-Hifni, Syaikh Khatib Asy Syarbini, Syaikh Abdur Ro'uf As-Sijini, Syaikh Ibrohim Al-Bajuri, dan diakhiri pada makam Syaikh Ad-Damanhuri.

Setiap makam yang disinggahi, dibuka dengan salam ziarah kubur yang dipimpin oleh Umar Ibrahim, kemudian dilanjutkan penjelasan biografi singkat oleh sahabat Indi Kanzul Ulum dan sahabat Hasbiallah. Di sela-sela penjelasan mengenai biografi Masyayikh tersebut, tidak satupun dari mereka yang tidak menghafalkan al-Qur’an, “Karena, pada dasarnya seorang Azhari itu harus menghafalkan al-Qur’an. Ketika seorang Azhari yang tidak menghafalkan al-Qur’an dinisbahkan seperti anak angkat, bukan sebagai darah daging Azhar, maka dari itu, hampir semua Masyayikh menghafal al-Qur’an”. Pungkas Hasbiallah dalam penjelasan singkat biografi Syaikh Abdur Ro'uf As-Sijini.

Di akhir acara, panitia mengucapkan ungkapan terimakasih karena acara berjalan dengan lancar dan di tutup dengan sesi foto bersama di area Pemakaman Mujawirin pada puku 17.00 WLK.

Reporter: Maya

Editor: Lum'atul

Previous Post Next Post