Gelar Upgrading Kepenulisan, Upaya IKAMARU Masifkan Literasi

 


Alqamaru.org, Kairo -  Dalam rangka meningkatkan skill kepenulisan anggota IKAMARU RAM, Divisi Media Kabinet Meraih Bintang IKAMARU RAM 2023-2024 berhasil mengadakan Upgrading Kepenulisan Artikel dan Warta pada Kamis, (23/11/2023) di Mabes IKAMARU RAM, Gamik, Hay Asyir, Kairo. Acara yang diikuti oleh segenap kru website alqamaru.org dan anggota IKAMARU RAM ini bertujuan untuk membekali para kru website dalam dunia kepenulisan.

“Selain pembekalan untuk kru website, acara ini juga sebagai wadah bagi seluruh anggota IKAMARU RAM yang ingin mengenal lebih jauh dunia literasi atau kepenulisan, agar ke depannya masih bisa tetap berkarya melalui tulisan-tulisan yang kita suguhkan di website alqamaru.org’’, ungkap Farah Fauzia Hasan selaku Koordinator Divisi Media.

Upgrading Kepenulisan ini diisi oleh pemateri yang sudah berpengalaman dalam dunia tulis menulis. Sesi pertama adalah pelatihan menulis warta yang diisi oleh Kang Ahmad Nasi’in Najib. Kemudian sesi kedua adalah pelatihan menulis artikel yang diisi oleh Mbak Lum’atul Badril Hidayah.

Di sesi pertama, Kang Najib memaparkan basic atau hal mendasar tentang bagaimana cara menulis berita dengan baik dan benar. Basic ini mencakup tentang pengertian berita, jenis-jenis berita, unsur-unsur berita, struktur berita, kaidah kebahasan dan langkah-langkah menyusun berita yang baik dan benar. Kemudian, pemateri mengimplementasikannya dalam contoh-contoh berita yang ada di website alqamaru.org.

Setelah itu, dilanjutkan sesi kedua yang dipaparkan oleh Mbak Lum’atul. Di sesi ini, ia memaparkan tentang bagaimana cara menulis artikel yang baik dan benar. Di mulai dari cara menemukan ide yang baik dan benar, cara memberikan judul yang tepat, landasan awal sebelum menulis artikel, dan lain-lain.

Terakhir, Ahmad Farid selaku Ketua IKAMARU RAM mengungkap ucapan terima kasih dan harapannya kepada peserta yang hadir. ‘’Dengan adanya upgrading ini, teman-teman IKAMARU RAM diharap lebih bersemangat dalam menghasilkan karya tulisan di website alqamaru.org, sehingga bisa bermanfaat untuk orang lain,ungkapnya.

Reporter: Silvi

Editor: Najib

Previous Post Next Post