Menciptakan Suasana Lebaran di Indonesia pada Halalbihalal IKAMARU Mesir


Alqamaru.org, Kairo—Setelah sebulan lamanya kita menunaikan ibadah puasa, tibalah saatnya umat Islam di seluruh dunia untuk memperingati hari kemenangan atau Hari Raya Idul Fitri. Hari Raya Idul Fitri 1444 H di Mesir ditetapkan oleh Dar al-Ifta pada tanggal 21 April 2023. Sebagai bentuk memeriahkannya, pada hari raya ketiga, tepatnya Ahad, (23/04/2023), IKAMARU RAM sukses menyelenggarakan acara halalbihalal yang bertempat di Markas Besar (Mabes) IKAMARU RAM, Gamik, Hay Asyir. Acara ini diinisiasi oleh Badan Pengurus Harian yang bekerjasama dengan Divisi Sosial.

Halalbihalal menjadi salah satu agenda rutin yang selalu diadakan setiap tahunnya. Selain sebagai ajang untuk bersilaturahmi, juga menjadi wadah untuk mengobati rasa kerinduan akan suasana lebaran di kampung halaman. Acara ini mendapat antusias yang tinggi dari para anggota IKAMARU RAM. Kurang lebih 100 anggota yang datang dari berbagai distrik yang berbeda turut memenuhi Mabes IKAMARU RAM untuk menghadiri acara ini.

Acara yang dimulai pada pukul 18.30 WLK dibuka langsung oleh Ahmad Habibi. Kemudian dilanjut sabutan dari Ketua IKAMARU RAM masa khidmah 2022/2023, Indi Kanzul Ulum. Setelahnya, M.Alfian Nanda selaku perwakilan MPA, dalam sambutannya turut menyampaikan rasa berterimakasih sedalam-dalamnya kepada segenap anggota yang turut hadir dalam acara tersebut.

Nuansa halalbihalal kali ini cukup berbeda. Pasalnya, dibarengi dengan perkenalan para mahasiswa baru kedatangan 2023 yang berjumlah empat orang. Setiap anak secara bergantian berdiri untuk menyapa serta memperkenalkan diri kepada para anggota lain. Para senior pun saling menyapa dengan melontarkan beberapa pertanyaan.

Usai sesi perkenalan dan ramah-tamah anak baru, dilanjutkan dengan acara inti bermaaf-maafan yang dilaksanakan secara bergiliran antara satu dengan yang lain, layaknya tradisi di Indonesia. Walaupun raga sedang berada di negara orang, nilai-nilai luhur budaya Indonesia tetap berusaha ditanamkan. Hal ini bermaksud untuk memberikan kesan nuansa Idul Fitri layaknya di Indonesia.

Akhirnya, acara ini berakhir pada pukul 20.30 WLK yang ditutup dengan sesi perfotoan dan makan bersama dengan sate sebagai menu utamanya. Sebagai mahasiswa perantauan yang jauh dari sanak-keluarga, IKAMARU RAM terus berusaha menjadi tempat pulang sekaligus rumah bagi para anggotanya. Semoga, rasa solidaritas dan kekeluargaan seluruh anggota IKAMARU RAM dapat selalu terjaga kedepannya. 



Reporter: Farah Fauzia Hasan

Editor: Lum'atul Badril Hidayah

Previous Post Next Post