IKAMARU Festival 2021, Sebuah Inovasi Peringatan Haul KH. Abdul Qadir dan HUT Pesantren Raudlatul Ulum


Dalam rangka memperingati Haul ke-43 KH. Suyuthi Abdul Qadir dan HUT ke-72 Pesantren Raudlatul Ulum, IKAMARU RAM membuat inovasi baru dengan mengadakan acara IKAMARU Festival 2021. Acara ini mengusung tema "Be Creative, Innovative and Inspirative For The Next Generation With Regeneration".

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan Haul dan HUT kali ini tidak hanya diselenggarakan dalam lingkup internal saja, tetapi juga melibatkan lingkup eksternal dengan mengundang 16 almamater yang ada di Mesir. Acara ini dimeriahkan dengan berbagai perlombaan seperti futsal, tenis meja,  fashion show, dan Musabaqah Qira'ah al-Kitab (MQK).

Serangkaian acara IKAMARU Festival dimulai dengan Upacara Pembukaan pada Sabtu (21/08/21) di Markaz Syabab al-Gamaliyah, Kairo. Upacara yang dilaksanakan pada pukul 08.00 WLK ini dihadiri oleh Presiden PPMI Mesir, Ahsanul Ulil Albab, Lc. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa IKAMARU Festival ini merupakan ajang untuk merpererat silaturahmi antar almamamater di Mesir. Dengan ajang seperti ini, kita dapat saling mengenal satu sama lain dan kedepannya bisa saling bahu-membahu antar almamater.

Berdasarkan tema yang diangkat, acara ini bertujuan untuk meregenerasi angkatan baru. "Hal ini terpatri di dalam sebuah ungkapan 'Wujudu al-Zar‘i Innama Yakunu Ba‘da al-Zira‘ah' yang artinya adanya sebuah tanaman itu karena ada yang menanamnya. Seperti halnya generasi, untuk melahirkan generasi penerus bangsa, kita harus mempersiapkannya dengan inovatif, kreatif dan inspiratif". Ungkap Indi Kanzul Ulum, selaku Ketua Panitia IKAMARU Festival.

Festival yang berlangsung selama tiga hari ini dipungkasi dengan acara Malam Puncak yang dilaksanakan di Aula Griya Jawa Tengah, Kairo pada Senin (23/08/21) pada pukul 18.00 WLK. Acara ini dimulai dengan pembacaan Maulid al-Barjanzi yang diiringi dengan alat musik rebana. Lalu, dilanjut dengan pembacaan Surah Yasin, Tahlil, dan manakib KH. Suyuthi Abdul Qadir dengan hikmat.

Ja’far Shodiq Abdurrohman, senior IKAMARU RAM dalam sambutannya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada kawan-kawan pengurus, terlebih panitia yang telah sukses mengadakan IKAMARU Festival. "Sejak saya di Mesir sampai sekarang ini, IKAMARU Festival merupakan acara yang paling serius yang digarap kawan-kawan pengurus dan panitia. Karena acara ini perdana, dengan kualitas seperti ini saya sangat mengapresiasi sekali".

Acara yang berakhir pada pukul 23.00 WLK ini berlangsung dengan lancar dan diakhiri dengan sesi foto bersama. Para partisipan dari perwakilan almamater sangat antusias  dalam mengikuti rangkaian acara IKAMARU Festival. Berlangsungnya malam puncak menandakan berakhirnya IKAMARU Festival 2021. 

Reporter: Ahmad Nasi'in Najib

Previous Post Next Post