Dalam Rangka Menyambut Ramadan, IKAMARU RAM Adakan Ziarah Bersama ke Aleksandria

 

Foto bersama IKAMARU RAM di depan Makam Abu Abbas Al-Mursi, Aleksandria

Alqamaru.org, KairoDalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, Divisi Sosial IKAMARU RAM mengadakan Ziarah Bersama pada Kamis, 16 Maret 2023. Ziarah dimulai dari Kota Mit Ghamr, dilanjutkan menuju Tanta, lalu berakhir di Aleksandria. Ziarah ini diikuti oleh 52 anggota IKAMARU RAM dengan mengendarai bis. Rombongan berangkat dari Kairo pada pukul 06.00 WLK. Sebelum berangkat, Ahmad Habibi, koordinator Divisi Sosial memimpin doa safar terlebih dahulu.

Pada Ziarah Bersama kali ini, ada beberapa makam yang diziarahi. Makam Pertama yang diziarahi adalah Makam Syekh Mutawalli As-Sya’rawi yang berada di Kota Mit Ghamir, Provinsi Dakahlia. Perjalanan dari Kairo ke Mit Ghamr memakan waktu kurang lebih dua jam.

Syekh Mutawalli As-Sya’rawi, Imam Du’at (Pemimpin Para Dai) merupakan lulusan Universitas Al-Azhar Fakultas Bahasa Arab. Salah satu keistimewaan beliau adalah dakwah beliau dapat diterima oleh semua kalangan.

Foto bersama IKAMARU RAM di makam Syekh Mutawalli As-Sya'rawi, Mit Ghamr


Sebelum sampai di makam, Mas Fauzi Kayat menjelaskan sedikit tentang biografi beliau. “Dikatakan oleh Syekh Yusri bahwa salah satu sebab dakwah beliau diterima masyarakat adalah karena sanad keilmuannya yang jelas tersambung kepada Rasulullah SAW,” jelas Mas Fauzi.

Sesampainya di Makam Syekh Mutawalli As-Sya’rawi, rombongan segera berziarah serta membaca Tahlil. Setelah itu, rombongan menyempatkan untuk menyantap sarapan terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan menuju Makam Sidi Ahmad Badawi di Tanta.

Baca juga: Syekh Ahmad Al-Badawy, Sang Wali Kutub

Foto bersama IKAMARU RAM di depan makam Sidi Ahmad Al-Badawi, Tanta

Selepas dari Makam Sidi Ahmad Badawi, rombongan melanjutkan perjalanan menuju destinasi terakhir, Aleksandria. Di kota ini, rombongan menziarahi beberapa makam, diantaranya adalah Makam Imam Bushiri dan Imam Abu Abbas Ak-Mursi yang berada dalam satu kompleks. Perjalanan dari Tanta ke Aleksandria membutuhkan waktu setidaknya tiga jam. 30 menit sebelum tiba di Kota Aleksandria, rombongan bersama-sama melantukan Kasidah Burdah karangan Imam Bushiri.

Rombongan sampai di Makam Imam Bushiri pada pukul 15.00 WLK. Selepas berziarah, rombongan segera melaksanakan sholat berjamaah. Kemudian rombongan melanjutkan untuk menziarahi Makam Imam Abu Abbas Al-Mursi. Lalu disambung menuju ke Makam Syekh Yaqut Al-Arsy, murid sekaligus menantu Imam Abu Abbas Al-Mursi. Sehabis berziarah, rombongan merapat ke pelataran masjid untuk foto bersama. Terlihat di sana, beberapa orang berbondong-bondong membeli es krim khas Aleksandria.

Setelah menyelesaikan agenda ziarah, rombongan menghabiskan waktu di Aleksandria dengan mengunjungi pantai. Sebagian ada yang asyik berenang, sebagian lagi ada yang duduk di bibir pantai sambil menyantap makanan atau sekedar meneguk secangkir kopi seraya dibelai keindahan senja di Pantai Alexandria. Setelah puas bersenang-senang di pantai, rombongan bergegas untuk kembali ke Kairo pada pukul 19.00 WLK.




Reporter: A. Nasi'in Najib

Editor: Muzamil Zahwa

Previous Post Next Post